Sambut Tahun Baru Islam 1440 H,Rutan Pelaihari Deklarasikan " Hapus Buta Huruf Al Qur'an" .

Pelaihari,INFO_PAS- Warga binaan rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB pelaihari gelar zikir dan doa bersama akhir dan awal tahun dalam rangka menyambut tahun baru islam ,selain menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah juga dideklarasikan Hapus Buta Huruf Alquran secara serentak, bertempat di Masjid Al-Istiqomah, Senin(10/09/2018).

Doa bersama akhir tahun dalam rangka menyambut tahun baru Islam serta deklarasi ini di ikuti oleh seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) utamanya yang beragama muslim dan juga hadir semua petugas Rutan Pelaihari.

Kepala Rutan klas IIB Pelaihari,Budi Suharto menuturkan," apa yang kami laksanakan hari ini di laksanakan juga secara serentak di seluruh lapas dan rutan  Se-Indonesia, sebagai suatu momen untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan bagi warga binaan pemasyarakatan juga sebagai resolusi awal memulai catatan pahala diawal tahun baru Islam",tuturnya.

Dia menjelaskan, Deklarasi Hapus Buta Huruf Alquran ini juga merupakan wujud kesadaran mengenai pentingnya membaca Alquran.

"Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan zikir dan doa bersama yang digelar pada hari ini,kegiatan  ini merupakan bagian dari salah satu pembinaan  kepribadian, khususnya peningkatan keimanan dan ketaqwa"an  selain kepada warga binaan maupun petugas Rutan Pelaihari",kata Budi Suharto.

“Mari kita bermunajat untuk negeri kita tercinta utamanya kepada sang pencipta khususnya bagi pemasyarakatan agar dapat melewati permasalahan dan tantangan,selain itu hari ini kita deklerasikan "Hapus Buta Huruf Al-Qur'an" yang bertujuan tidak ada lagi warga binaan yang tidak bisa membaca Al Qur'an",tambah Budi Santoso

Pembinaan di Rutan Klas IIB Pelaihari bukan hanya tentang pendidikan keagamaan, tetapi juga mengasah tingkat intelektual mereka dengan harapan mampu membaca Alquran dengan baik dan benar.

Adapun isi Deklarasi Hapus Buta Huruf Al Qur'an itu adalah :     

Kami warga binaa pemasyarakatan beragama Islam bertekad untuk :

1.Belajar membaca,menulis dan memehami Al Qur'an.

2.Menjalakan seluruh kewajiban ibadah agama Islam dengan baik dan benar.

3.Megikuti seluruh program pembinaan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Doa akhir tahun diawali dengan sholat ashar berjamaah, dan doa awal tahun diawali dengan sholat maghrib berjamaah. “Acara doa akhir tahun dilaksanakan sore di Masjid Al Istiqomah yang ada di dalam Rutan , mereka doa bersama dipandu oleh ulama ondang Habib Alwi , sementara doa awal tahun dilakukan di kamarnya masing-masing.

Selai deklarasi tersebut, acara juga dirangkaikan dengan doa bersama, penyerahan Al-Quran kepada perwaikila Warga binaan serta tausiyah oleh Habib Alwi.

Kontributor : Dewa Bhagaskarra

1 MUHARRAM 1440 H 11

1 MUHARRAM 1440 H 1

1 MUHARRAM 1440 H 2

1 MUHARRAM 1440 H 4

1 MUHARRAM 1440 H 3

1 MUHARRAM 1440 H 5

1 MUHARRAM 1440 H 6

1 MUHARRAM 1440 H 7

1 MUHARRAM 1440 H 8

 


Cetak   E-mail