'Jadilah Kreator bukan Pengekor' Sosialisasi KI bagi Pelajar Banjarmasin

Banjarmasin, Yankum Info_Kementerian Hukum dan HAM Kalsel dalam rangka memperingati 'Hari Kekayaan Intelektual Sedunia'.Rabu (26/04) pagi.Sebanyak 60 Orang Pelajar Sekolah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Banjarmasin serta para Tenaga Pendidik, bertempat di Aula Pengayoman Kantor Wilayah.Sosialisasi Kekayaan Intelektual (KI) bagi Pelajar Banjarmasin bertema'Kekayaan Intelektual untuk Indonesia yang Inovatif, Jadilah Kreator bukan Pengekor' dengan narasumber Dosen dari Fakultas Hukum Univeristas Islam Kalimantan (Uniska), Afif Khalid dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Unan Pribadi dengan Pemandu Acara Kabid Yankun, Husin Nafarin.

"Perlindungan Haki merupakan langkah maju bagi bangsa Indonesia dalam memasuki era pasar bebas dimana semakin maju sebuah Negara maka semakin bergantung pada modal intelektualnya yang memiliki nilai bisnis sehingga mendatangkan para investor untuk mendorong kemauan dalam riset dan pengembangan teknologi," kata Plh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kemas Hamzah Zain dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Ditambahkan lagi, "Masyarakat Indonesia dapat menjual produk atau karya ciptanya keluar negeri untuk Indonesia yang Inovatif, jadilah kreator bukan pengekor" tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Plh.Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kemas Hamzah Zain secara simbolis menyerahkan buku panduan HKI sebagai dimulainya kampanye KI dalam memperingati hari KI sedunia.

Sementara itu dalam sosialisai yang di ikuti Pelajar SMKN 4 Banjarmasin sangat antusias dengan mendengarkan narasumber."HKI adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia dan objek yang diatur adalah karya -karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektualnya."jelas Afif Khalid sebagai narasumber.

Sedangkan Kepala Divisi Yankum, Unan Pribadi menjelaskan tentang manfaat KI bagi industri kreatif di Indonesia.(humas kanwil)

HKI Sedunia 2017 1

HKI Sedunia 2017 2

HKI Sedunia 2017

 


Cetak   E-mail