Dinas Kesehatan Tanah Laut lakukan kegiatan Surveilant / Sero Survey di Rutan Pelaihari.y

Pelaihari,INFO_PAS - Tim Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut hari ini melakukan kegiatan Surveilant/Sero Survey HIV / AIDS kepada 120 orang warga binaan pada kelompok resiko tinggi ,Pemeriksaan dilakukan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut dengan mengambil sampel darah 120 warga binaan penghuni Rutan Pelaihari, tanpa biaya alias gratis menargetkan getting to zero pengidap HIV/AIDS,Senin (19/11/2018).

Untuk mencegah bertambahnya jumlah penghuni penjara yang terinfeksi HIV / AIDS , program pencegahan dan penyalahgunaan narkoba perlu diintensifkan.Salah satu upaya untuk mengetahui upaya besarnya masalah HIV/AIDS adalah dengan kegiatan Surveilan/sero Survey pada kelompok resiko tinggi kepada warga binaan.
Plt.Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut,Antonius Jaka,SKM,M.Kes melalui Kasi Pencegahan dan P2M,MH.Hadiansyah Noor,SKM,menuturkan, pemeriksaan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan pihaknya kepada warga binaan Rutan Pelaihari.
 
Kasi Pencegahan dan P2M, MH.Hadiansyah Noor, mengatakan pengambilan sampel darah ini untuk mengetahui bila ada WBP yang terinfeksi HIV/AIDS
 
"Terlebih lagi, untuk tema hari AIDS tahun ini, memang Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kemen­terian Hukum dan HAM meng­galakkan kegiatan di seluruh daerah memusatkan pemeriksaan sampel darah bagi warga binaan di setiap Lapas dan Rutan, guna mendeteksi kemungkinan warga binaan Lapas yang terjangkit dan menyiapkan upaya untuk mencegah penyebarannya",tutur M.H.Hadiansyah Noor.
 
Karutan Pelaihari,Budi Suharto , mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. “Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan akan tetap terus berjalan dan merupakan agenda rutin ,agar seandainya ada yang terjangkit bisa dilakukan pencegahan penyebarannya,” harapnya.
 
Kontributor : Dewa Bhagaskarra
 
SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 6
 SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 5
 
SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 4
 
SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 3
 
SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 2
 
SERO SURVEY HIV 19 NOPEMBER 2018 1
 

Cetak   E-mail