LAPAS AMUNTAI ADAKAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Amuntai, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Amuntai mengadakan acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, bertempat di Aula serbaguna Lapas Amuntai, Selasa (25/4) pukul 09.00 Wita sampai selesai.

Acara dihadiri seluruh pegawai Lapas Amuntai, Pengasuh Pesantren At-Taubah Lapas Amuntai Ustadz Nawawi Abdurrauf, Dewan Penyantun Pesantren At-Taubah Lapas Amuntai Ahmad Farhani, beliau juga selaku Ketua Dewan Masjid Seluruh Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Utara beserta rombongan, Ketua Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Hulu Sungai Utara Syaifudin beserta rombongan, dan seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Amuntai, serta rekan media dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten.

Dibuka dengan pembacaan tahlil bersama dan do’a yang dipimpin oleh ustadz Nawawi Abdurrauf, dilanjutkan pembacaan syair maulid habsyi oleh ustadz Aulia dan WBP santri di Pesantren At-Taubah Lapas Amuntai.

Dalam sambutannya, Kepala Lapas (Kalapas) Amuntai HM Arsyad menyampaikan bahwa acara peringatan isra mi'raj ini merupakan inisiatif dari pengasuh pesantren At-Taubah Lapas Amuntai Ustadz Nawawi Abdurrauf dan Pak Ahmad Farhani, sehingga kita membentuk panitia dari petugas Lapas Amuntai dan WBP santri di pesantren At-Taubah Lapas Amuntai. “Terima kasih kepada para panitia peringatan Isra Mi'raj di Lapas Amuntai yang sudah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar, tertib dan aman. Terima kasih juga kepada para ustadz yang selama ini selalu membimbing para santri di Pondok Pesantren At-Taubah Lapas Amuntai, semoga mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Subhanahu Wata’ala, dan semoga acara peringatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun.” Tuturnya.

Sambutan dari Ketua Dewan Masjid Kabupaten yang juga Dewan Penyantun Pesantren At-Taubah Lapas Amuntai, Ahmad Farhani menyampaikan bahwa para tahanan atau narapidana yang berada disini khususnya orang Islam tetap berhak ikut menyambut/merayakan isra mi'raj Nabi Muhammad SAW, terlebih lagi yang telah banyak belajar melalui pesantren At-Taubah.

Acara utama ceramah agama disampaikan oleh ustadz Nawawi Abdurrauf, menyampaikan sangat bersyukur karena para santri At-Taubah Lapas Amuntai sudah banyak yang belajar memperbaiki bacaan Al-Qur’an, syair maulid habsyi, belajar mengurus jenazah, dan lain-lain. Semoga nantinya bisa diterapkan di masyarakat ketika sudah keluar dari sini.

Memperingati Isra Mi'raj dikarenakan kecintaan kita kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Inti dari peristiwa Isra Mi’raj adalah diwajibkannya sholat 5 waktu, karena diantara faedah sholat adalah mencegah perbuatan buruk atau jahat terutama bagi yang melaksanakannya, kalau orang sudah sholat tapi masih melakukan keburukan maka perlu diperbaiki lagi sholatnya, misalnya bacaannya, rukunnya, atau yang lainnya. Rasulullah bersabda orang yang paling baik di dunia ini adalah orang yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain, semoga para ustadz dan para pihak yang banyak membantu dalam program pesantren di Lapas Amuntai ini mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT, amin.

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda barang siapa yang mengerjakan sholat subuh secara berjamaah di Masjid, setelah itu beritikaf sambil berdzikir sampai waktu terbit matahari (isyraq) dan mengerjakan sholat sunnat dua rakaat semata-mata karena Allah maka ia mendapatkan pahala haji yg sempurna. Semoga kita semua dapat mengamalkannya.

Kontributor : Arsyayuda

 

25 04 1

25 04 2

25 04 3


Cetak   E-mail